Sejarah Terbentuknya Danau Toba

Sejarah Terbentuknya Danau Toba

Danau Toba  merupakan danau vulkanik, ditengah danau toba terdapat sebuah Pulau yang dikenal dengan Pulau Samosir.  Sejarah terbentuknya Danau Toba dikarenakan Letusan Gunung Toba yang terjadi berkisar 75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervulacano . Letusannya terjadi selama hampir seminggu dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut. Debu vulkanik tersebut menyebar ke separuh bumi seperti Cina dan Afrika Selatan.

Akibat kejadian tersebut matahari tertutup selama 2 tahun sehingga menyebabkan terjadinya zaman es yang berakibat pada kepunahan/kematian massal spesies makhluk baik langsung maupun tidak langsung. Menurut bukti DNA letusan Gunung Toba ini juga menyusutkan populasi manusia hingga mencapai 60% dari populasi manusia di bumi pada saat itu yang berjumlah sekitar 60 juta jiwa.

Letusan Gunung Toba tersebut membentuk kaldera dan terisi air sehingga terbentuklah sebuah danau yang dikenal pada saat ini dengan Danau Toba. Tekanan keatas magma yang belum keluar memebentuk sebuah daratan yang sekarang dikenal dengan Pulau Samosir.

Danau Toba merupakan sebuah danau terbesar di Asia tenggara. Letaknya ada di Indonesia, tepatnya di Provinsi Sumatera Utara. Besarnya sama dengan Negara Singapura. Hingga sekarang danau toba menjadi tujuan para wisatawan baik domestik maupun Mancanegara. Mayoritas penduduknya adalah suku Batak dengan mata pencariannya sebagai petani, pedagang serta nelayan. Selain keindahannya danau toba memilki keunikan tersendiri dilihat dari sejarah terbentuknya yang sangat luar biasa tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

× Chat WhatsApp Aulia Rental