Wah ini dia, makanan khas Medan

Makanan Khas Medan-Durian

Makanan khas Medan

Medan membuktikan keistimewaannya, karena selain menjadi kota ketiga terbesar di Indonesia, Medan juga memiliki beragam pesona lain. Baik dari segi keindahan alamnya, bangunannya yang megah dengan arsitektur indah, penduduknya yang beragam, hubungan antar umat beragama yang harmonis, hingga makanannnya yang enak di lidah.

Artikel kami kali ini akan membeberkan kepada anda Ternyata Ini Dia Makanan Khas Medan, yang bisa jadi apabila anda sudah pernah menyambangi Medan namun melupakan mencicipi kuliner-kuliner andalan orang Medan ini, maka anda belum benar-benar ke Medan.

Apa saja itu?

1. Durian Medan dan Pancake Durian

Medan adalah salah satu daerah di Indonesia yang menghasilkan komoditas buah durian terenak dan terbaik di Indonesia sehingga tak salah jika durian medan menjadi tersohor namanya bahkan hingga mancanegara lho. Maklum, buah tropis ini memang menjadi andalannya Indonesia. Durian Medan khas sekali akan kulitnya yang tipis, namun dengan daging buah yang tebal dan lezat.

Jangan lewatkan jalan-jalan wisata kuliner anda di kota Medan untuk mencicipi durian dengan sedikit rasa pahit yang khas ini. Tak hanya harus mencicipi buahnya, anda juga wajib bin harus untuk mencoba olahan durian yang paling terkenal dan istimewa dari kota Medan, Pancake Durian.

Baca juga: Tempat Wisata Medan yang wajib dikunjungi

Dari bentuk luarnya, mungking Pancake Durian terlihat biasa saja dan familiar, tak tampak keistimewaannya karena menyerupai kue dadar gulung yang biasa kita lihat. Namun, setelah menggigit kulit pembungkusnya yang berwarna terang dan terbuat dari adonan tepung itu, anda akan segera terbuai oleh rasa legit yang ditawarkan oleh daging buah durian yang tebal. Tak hanya itu, Pancake Durian juga divariasikan dengan berbagai rasa yang menambah kenikmatannya. Anda bisa memilih sesuai selera.

Ada rasa coklat, mocca sampai rasa pandan. Pokoknya sangat cocok untuk dipadupadankan dengan rasa durian yang legit dan dijamin anda bakal ketagihan deh. Mau coba?

2. Bika Ambon

Makanan Khas Medan diposisi yang tak kalah enak dan tenarnya adalah Bika Ambon. Untuk saya pribadi, Bika Ambon adalah salah satu oleh-oleh yang paling saya tunggu-tunggu dari kerabat yang pulang berpergian dari Medan. Rasa, tekstur dan bentuknya yang khas membuat anda memakannya tak cukup sekali dan tidak membuat cepat eneg.

Diracik dari campuran bahan wajib berupa gula, santan, tepung tapioka dan air nira, dengan proses pembuatan yang cukup  rumit untuk orang biasa seperti saya (Hehehe) membuat rasa Bika Ambon yang merupakan makanan khas Medan ini menjadi sangat unik. Tak hanya itu, makanan khas Medan ini juga sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan karena tahan lama. Kue yang bisa divariasikan dengan berbagai rasa ini bisa bertahan lebih dari tiga hari. Anda yang menyukai pandan dan keju juga bisa memilih kue Bika Ambon sesuai selera anda sendiri.

3. Bolu Meranti

Bolu Meranti menjadi andalan makanan khas Medan selanjutnya yang wajib anda coba. Dari melihat bentuknya saja mungkin sudah membuat air liur kita berjatuhan layaknya hujan ya, hihi *lebay. Tapi serius deh, bolu yang satu ini memang tidak bisa dianggap remeh, karena rasanya yang lezat, teksturnya yang lembut dimulut dan aneka selainya yang lumer di lidah.

Anda bisa mencicipi daging bolu yang diisi dengan aneka selai seperti kacang, stroberi, nanas, keju, bluberi dan lainnya yang bisa anda pilih sendiri sesuai dengan selera anda. Tapi jangan salah, bolu meranti yang asli hanya dijual di dua tempat ini yaitu di Jalan Kruing 2K dan Jalan Sisingamangaraja

Catat baik-baik alamatnya biar gak nyasar atau salah beli ya. Hehe. Dan untuk masalah kehalalannya, ups jangan khawatir, meski yang menciptakan resepnya adalah seorang chinese, tapi makanan lezat ini sudah bersertifikat halal dari MUI kok

4. Manisan Jambu

Manisan jambu merupakan makanan khas Medan berikutnya. Manisan jambu juga merupakan salah satu buah tangan dari Medan yang sangat saya sukai. Memang sih, buah jambu mudah untuk ditemukan, tapi jangan salah, manisan jambu khas Medan ini akan membuat anda ketagihan dan mau lagi dan lagi.

Meski hanya berkomposisikan buah jambu Bangkok dengan ukuran besar dan rasa yang manis keasin-asinan serta renyah saat digigit, namun dijamin tak akan berhenti membuat anda mengunyah, percaya deh, saya udah jadi korban ketagihan hihi.. Manisan buah jambu sangat cocok untuk dijadikan manisan karena bisa bertahan lebih dari tiga hari. Jangan lupa, karena selain rasanya yang enak dan renyah, manisan jambu juga bermanfaat untuk menaikkan trombosit sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderitan demam berdarah.

5. Sirup Markisa

Sirup Markisa doang? Memang apa istimewanya ya sehingga menjadi salah satu Makanan khas Medan? Hmm.. Memang sirup markisa banyak dijual dimana-mana di setiap daerah di Indonesia, tetapi jangan sampai tidak tahu, bahwa markisa adalah buah andalannya orang Medan lho.

Dan salah satu olahan dari markisa adalah Sirup Markisa. Buah yang mengandung zat antioksidan yang sangat baik sebagai penangkal radikal bebas dan vitamin C ini tumbuh di daerah dataran tinggi seperti Brastagi. Jadi jangan hanya membawakan oleh-oleh makanan saja, lengkapi juga dengan minuman segarnya ya.

Demikianlah kami sajikan informasi kepada anda tentang makanan-makanan dan kinuman yang khas Medan yang sangat cocok untuk anda nikmati dan dapat pula dijadikan buah tangan untuk keluarga tercinta. Jangan lewatkan kunjungan anda ke Medan hanya sekedar jalan-jalan, tapi sempatkan untuk menikmati makanan khas Medan yang tersohor kelezatannya ini. Selamat menikmati :)

Recommended Posts

Leave a Comment