Provinsi Sumatera Utara

Provinsi Sumatera UtaraProvinsi Sumatera Utara

Provinsi Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi yang berada di Pulau Sumatera. Luas wilayahnya  kurang lebih 72.981,23 Km2 (Pemendagri Nomor 66 Tahun 2011). Berdiri pada tanggal 7 Desember 1956 dengan dasar hukum UU No. 24/1956. Provinsi Sumatera Utara terletak pada posisi 1⁰-4⁰ LU dan 89⁰-100⁰BT. 

Penduduk asli provinsi ini terdiri dari Suku Melayu, Suku Batak, Suku Nias, dan Suku Aceh. Daerah pesisir Sumatera Utara, yaitu timur dan barat pada umumnya didiami oleh Suku Melayu dan Suku Mandailing yang hampir seluruhnya beragama ISLAM. Sementara di daerah pegunungan banyak terdapat Suku Batak yang sebagian besarnya beragama KRISTEN. Selain itu juga ada Suku Nias di kepulauan sebelah barat. Kaum pendatang yang turut menjadi penduduk provinsi ini didominasi oleh Suku Jawa. Suku lainnya adalah Suku Tionghoa dan beberapa minoritas lain.

Medan merupakan ibukotanya provinsi Sumatera Utara sebagai pusat  pemerintahan dan pusat bisnis yang ada di Sumatera Utara menjadikan Kota Medan sebagai kota terbesar ke-3 di Indonesia setelah Surabaya.  Wilayah pesisir timur sumatera utara merupakan wilayah yang paling pesat perkembangannya. hal ini di  karenakan  persyaratan infrastruktur yang relatif lebih lengkap daripada wilayah lainnya. Di masa kolonial Hindia-Belanda, wilayah ini termasuk residentieSumatra’s Oostkust bersama sama  provinsi Riau.

Wilayah tengah provinsi adalah daerah pegunungan dengan jajaran Bukit Barisan yang membentang. Selain terkenal dengan tanahnya yang subur, wilayah ini memberikan kontribusi yang sangat besar  bagi masyarakat Sumatera Utara. Hampir seluruh pasokan sayur dan buah-buahan yang di distribusikan di Sumatera  Utara berasal dari sana. Di wilayah ini juga meliputi Danau Toba dan Pulau Samosir sebagai daerah padat penduduk dimana sebagaian besar masyarakatnya menggantungkan hidupnya kepada danau tersebut.

Sedangkan Pesisir barat provinsi ini  merupakan wilayah yang cukup sempit, dengan komposisi penduduk padat. Masyarakatnya terdiri dari suku Batak, Minangkabau dan Aceh. Namun secara kultur dan etnolinguistik, wilayah ini masuk ke dalam budaya dan Bahasa Minangkabau.

Sumatera Utara merupakan provinsi yang memiliki banyak pulau. Tercatat, ada 419 pulau termasuk pulau terluar seperti Pulau Simuk termasuk daerah (Kepulauan Nias) dan Pulau Berhala yang berada di Selat Malaka.

Di provinsi Sumatera Utara juga  terdapat dua taman nasional, yaitu Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG). Menurut Keputusan Menteri Kehutanan, Nomor 44 Tahun 2005, luas hutan di Sumatera Utara saat ini 3.742.120 hektare (ha). Yang terdiri dari Kawasan Suaka Alam/Kawasan Pelestarian Alam seluas 477.070 ha, Hutan Lindung 1.297.330 ha, Hutan Produksi Terbatas 879.270 ha, Hutan Produksi Tetap 1.035.690 ha dan Hutan Produksi yang dapat dikonversi seluas 52.760 ha.

Sumatera Utara  yang terkenal dengan keindahan alamnya  merupakan daerah yang menjadi tujuan wisata (DTW). Secara geografis Sumatera Utara sangat dekat dengan Singapura dan Malaysia. Keindahan alam budaya dan sejarahnya menjadi alasan datangnya wisatawan ke Sumatera Utara.

Dikelilingi dengan sumber daya alam tropis yang kaya, Sumatera Utara memiliki panorama spektakuler, Bukit Barisan yang terbentang dari Aceh hingga ujung pulau Sumatera, hutan hujan tropis di Taman Nasional Gunung Leuser dan danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias. Danau toba terbesar di dunia yang merupakan danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik yaitu Pulau Samosir yang berada pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan lau

Recommended Posts

Leave a Comment