9 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil di Medan

9 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil di Medan9 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil di Medan – Sebagian orang ingin mencari tahu cara bisnis rental mobil di Medan, jika ditinjau dari perkembangan bisnis sewa mobil di Medan sekarang, peluang bisnis ini semakin meningkat dari tahun ke-tahun. Hal ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan sewa mobil medan. Menjamurnya hotel, pembangunan Apartemen dan Mall terus dilakukan di Kota Medan seiring berpindahnya Bandara polonia ke Bandara Kuala Namu Iternational Airport (KNIA). Ini menunjukkan bahwa semakin banyak aktivitas yang dilakukan. Untuk itu Rental mobil Medan menjadi solusi praktis bagi mereka yang sedang berkunjung atau melakukan perjalanan bisnis di Medan.

Tak hanya itu, bisnis rental mobil juga dapat ditingkatkan untuk kebutuhan sewa mobil wedding, kebutuhan bisnis hingga dengan kenegaraan. Seperti yang telah dilakukan perusahaan bisnis Rental Mobil Medan. Perusahaan rental mobil ini juga menyewakan mobil mewah yang dapat digunakan untuk keperluan liburan, pribadi, keluarga, perjalanan bisnis hingga kenegaraan.

Menurut beberapa pengamat bisnis rental mobil, peluang bisnis ini cukup menjanjikan, layanan jasa rental mobil merupakan usaha yang berorientasi jangka panjang. Kenapa? alasannya sangat sederhana yaitu permintaan kebutuhan rental mobil semakin meningkat seiring dengan pembangunan yang terus dilaksanakan di Kota Medan.

Sebelum Anda memulai bisnis rental mobil Medan, ada beberapa aspek penting yang harus Anda ketahui, yaitu perlunya ketelitian, ketrampilan, kreativitas, kemampuan, sistem manajemen yang baik serta memiliki kemampuan untuk membaca peluang pasar.

Klasifikasi Bisnis Rental Mobil

Sebelum memulai usaha rental mobil, ada persiapan khusus yang harus Anda ketahui. Seperti pasar mana yang Anda akan garap. Anda ingin rental mobil dengan Sopir atau rental mobil medan lepas kunci.

1. Rental Mobil Dengan Sopir

Bisnis rental mobil medan dengan supir adalah bisnis yang manawarkan jasa pelayanan penyewaan mobil beserta sopirnya. Biasanya perusahaan rental mobil ini sudah mematok harga untuk setiap kendaraan dengan harga yang berbeda – beda. Misalnya rental mobil avanza medan di tawarkan Rp. 400.000,- untuk pemakaian dalam kota tidak termasuk bbm. Ada juga yang menawarkan Rp. 500.000,- sudah termasuk BBM. Selain praktis dan gak ribet rental mobil termasuk sopir ini diterapkan pebisnis rental mobil untuk menghindari resiko kehilangan.

2. Rental Mobil Lepas Kunci

Meski beresiko rental mobil tanpa menggunakan sopir (lepas kunci) ini sangat diminati dan dicari penyewa. Karena alasan inilah sebagian perusahaan rental mobil di Medan menerapkan metode tersebut. Untuk antisipasi resiko kehilangan biasanya terlebih dahulu mobil harus di asuransikan. Selain itu untuk penyewa ada beberapa syarat yang harus di sediakan sebelum transaksi sewa mobil dilakukan. Biasanya penyewa harus menyerahkan beberapa bukti dokumen seperti KTP asli, paspor jika berasal dari luar negeri, foto copy keluarga dan harus menyerahkan uang jaminan kepada perusahaan rental mobil.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis rental mobil menggunakan metode yang kedua tersebut sebaiknya asuransikan terlebih dahulu kendaraan Anda. Sangat banyak resiko nantinya yang akan dihadapi, seperti kehilangan, inseden dan lain sebagainya.

9 Tips Memulai Bisnis Rental Mobil

Untuk Anda yang tertarik memulai bisnis rental mobil di Medan ada tujuh tips yang perlu Anda harus ketahui sebelum memulai bisnis ini. beberapa tips ini dapat Anda terapkan mulai dari persiapan awal hingga pelaksanaannya.

1. Memiliki Minat dan Pengetahuan

Hal ini sangatlah penting dan merupakan dasar sebelum memutuskan untuk terjun ke bisnis ini. Tanpa minat dan pengetahuaan yang cukup, bisnis rental mobil yang akan Anda lakukan tidak akan berjalan dengan maksimal. Terutama minat, sedangkan pengetahuan tentang mobil dapat dipelajari, kumpulkanlah seluruh informasi atau cari informasi ke beberapa pengusaha rental mobil untuk menambah pengetahuan dan minat Anda.

2. Memiliki Armada Untuk Di Sewakan

Jika sudah memiliki minat dan pengetahuan yang kuat untuk memulai bisnis rental mobil ini selanjutnya Anda harus memiliki mobil untuk disewakan. Untuk awal dua mobil sudah cukup. Buatlah networking atau jalinlah kerjasama dengan perusahaan rental mobil di Medan. Hal ini sangat diperlukan apabila armada yang anda miliki masih sedikit. Dengan adanya kerjasama yang baik dengan rental mobil lainnya usaha bisnis yang Anda bangun akan lebih bisa maksimal untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan.

3. Lakukan Pemetaan

Dalam upaya/cara menjadi pengusaha yang handal dan mampu bersaing Anda harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang dunia rental mobil di Medan. Berapa besar pangsa pasarnya, demografinya, tren selera konsumen saat ini seperti apa, siapa saja yang sekarang menjadi pemimpin pasar dan bagaimana mereka bisa meraih sukses.

4. Temukan Peluang

Kalau Anda ingin jadi pengusaha dan sudah mempelajari peta bisnisnya dengan seksama, hal ini akan tidak sukar. Anda akan tahu relung-relung pasar yang masih terbuka untuk digarap. Untuk lebih sistematis menggebrak pasar, Anda bisa berpegang pada beberapa sudut pandang sektoral. Misalnya dengan melihat kesempatan berdasarkan “positioning” bisnis, segmen pasar yang akan dibidik dan lain sebagainya.

5. Ciptakan Sesuatu Yang Berbeda

Setelah menemukan peluang bisnisnya, tiba saat untuk memikirkan ba­gaimana memberikan nilai tambah yang unik kepada para pelanggan Anda. Buatlah nilai tambah yang berbeda dengan kompetitor Anda. Sesuatu yang baru, khusus belum pernah di terapkan oleh pereusahaan rental mobil lain di Kota Medan. Sebagai contoh, kalau saat ini kebanyakan rental masih menggarap para klien secara sendiri-sendiri, coba Anda bangun klub keanggotaan dari rental Anda. Untuk memberikan kemudahan dan keuntungan kepada para pelanggan. Tentu masih banyak cara lagi yang bisa Anda ciptakan untuk mendapatkan peluang pasar tersebut. Intinya adalah kreativitas seseorang sangatlah menentukan bisnis yang dibangunnya.

6. Mencari Investor Sebagai Mitra

Bisnis rental mobil bukanlah bisnis dengan modal yang sedikit. Mobil adalah modal utama yang harus dimiliki ketika memutuskan untuk memulai bisnis rental mobil di Medan. Untuk perunitnya saja Anda harus mengeluarkan uang ratusan juta rupiah. Tapi bagi Anda yang memiliki modal minim tidak perlu khawatir. Anda bisa mencari partner-partner, seperti mereka yang memiliki kelebihan mobil di rumahnya yang tidak efektif. Anda dapat menjalin kerjasama dengan mereka agar mobilnya dapat di jalankan di bisnis rental Anda. Atau mereka yang memiliki kelebihan uang, tapi tidak puas memanfaatkannya melalui bunga bank. Yang perlu dicamkan adalah bahwa orang-orang semacam itu banyak, dan merekalah calon-calon mitra Anda. Buatlah sebuah proposal yang menarik minat mereka dan presentasekan untuk membuat mereka yakin bahwa bisnis yang akan anda jalani adalah bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan bagi mereka.

Untuk menjadikan mereka sebagai mitra atau investor, Anda harus memiliki konsep yang terarah dalam sebuah proposal. Presentasikan, dan yakinkan mereka bahwa bisnis rental mobil yang Anda tawarkan akan menguntungkan

7. Ciptakan Sebuah Sistem Yang Handal

Sebuah perusahaan yang sukses, bisa dipastikan memiliki sistem yang baik dan profesional. Termasuk sistem pemasarannya. Sistem yang demikian akan menjamin kelancaran roda operasional perusahaan, memberikan kenyamanan dan keamanan pada pelanggannya serta yang pasti akan memberikan keuntungan bagi pemilik usaha sekaligus kesejahteraan bagi para karyawannya. Dengan semua pihak merasakan kesenangan, tidak perlu diragukan lagi bahwa perusahaan demikian akan maju dan berkembang

8. Promosikan Produk

Setelah selesai melakukan langkah-langkah diatas selanjutnya adalah promosikan produk rental mobil Anda ke teman dekat atau keluarga. Buatlah kartu nama, promosikan produk Anda melalui website atau manfaatkan media sosial seperti facebook, twiter google plus dan lain sebagainya.

9. Persiapkan Mental

Bisnis rental mobil tidaklah semudah seperti yang dibayangkan. Seperti bisnis lainnya, bisnis rental mobil membutuhkan kesabaran. Jangan pernah bermimpi bahwa sebuah bisnis rental mobil yang Anda jalankan dengan mudah akan mencapai kesuksesan. Selalu diperlukan kesediaan pelakunya untuk berkorban, baik tenaga, pikiran, biaya, perasaan dan juga mental. Jangan pernah menyerah ketika terjadi hambatan, karena bisnis adalah sebuah proses maka tetaplah fokus dan terus berkreativitas untuk kemajuan bisnis Anda.

Demikianlah 9 Tips Memulai Binsis Rental Mobil di Medan. Semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat. Pastikan Anda selalu mengunjungi Rental Mobil Medan untuk mendapatkan informasi terbaru yang akan kami update pada kesempatan berikutnya. Semogah informasi ini dapat dibaca oleh teman, sahabat atau orang terdekat dan keluarga Anda yang ingin rental mobil mobil ketika berlibur atau berkunjung ke Kota Medan.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih dan sukses selalu untuk Anda.

Recent Posts

Leave a Comment